Senin, 09 Januari 2012

PARIWISATA DI BARCELONA

Kota Barcelona Menghadap Laut Tengah arah tenggara, namun arsitekturnya tak terpusat pada pelabuhan terkemukanya sehingga ada yang bilang seakan “melarikan diri dari laut”. Dataran rendah kota ini dibatasi Rio Besos, Rio Llobregal dan pegunungan yang setengah mengelilinginya.
Luas wilayahnya adalah 100,4 km² dan kepadatannya adalah 15.764/km².
Mengenai cuaca di Barcelona cukup bersahabat dari bulan Mei sampai akhir Juli, juga awal September. Cuaca akan cenderung panas pada bulan Agustus. Sedangkan di bulan Oktober dan November cuaca agak dingin dan matahari akan jarang muncul, maka jangan lupa siapkan payung atau winter jacket.

A. Destinasi Wisata Barcelona
a. Sagrada Familia
Sagrada Familia adalah kebanggaan dan objek wisata paling terkenal di Barcelona, nomor teratas dalam daftar wajib kunjung turisme Barcelona. Tempat yang sudah ditetapkan UNESCO sebagai salah satu World Heritage ini, tentunya wajib dikunjungi.
Gereja katedral ini sudah dibangun sejak tahun 1884. Pembangunan gereja ini dinilai cukup kontroversial karena sampai sekarang belum selesai.
Menurut surat kabar El Periódico de Catalunya, 2,26 juta orang mengunjungi gereja, menjadikannya salah satu atraksi yang paling populer di Spanyol.
Pembangunan gereja adalah sebagai bagian banyak daya tarik sebagai gereja itu sendiri. Banyak wisatawan datang untuk mengagumi seniman dan pekerja konstruksi dalam proses memberikan kontribusi bagi penyelesaian karya Gaudí's.
Selain Sagrada Familia, masih banyak karya Antoni Gaudi yang tersebar di beberapa sudut kota, seperti Parc Guell, Casa Battlo dan Casa Milla. Dua terakhir adalah bangunan yang sangat unik karena bentuknya berlekuk-lekuk seperti tulang.




b. La Ramblas
La Rambla adalah tempat yang wajib dikunjungi jika pergi ke Barcelona. Ini adalah jalan yang paling terkenal di Spanyol bahkan Eropa. Di kedua jalan pejalan kaki ini ada dua ruas jalan sempit untuk kendaraan umum tetapi hanya untuk jalan satu arah.
Justru jalan tengah dimana adalah jalan untuk pejalan kaki hampir tiga kali lipat dari lebar jalan mobil. Barisan pohon-pohon besar dikedua sisinya menjadikan jalan La Rambla semakin indah. Jenis pohon ini adalah pohon ‘plane tree’ yang biasa dipakai naungan untuk taman-taman.
La Rambla bisa diartikan sebagai beberapa jalan pendek, yang masing-masing punya nama dari nama jamaknya Les Rambles. Jalan ini mulai dari Plaça de Catalunya sampai ke pelabuhan. Pada saat siang hari La Rambla menjadi sangat ramai terlebih pada saat-saat musim liburan. Malahan jumlah wisatawan sering lebih banyak daripada warga setempat.
Untuk mencapai La Rambla dari pelabuhan hanya berjarak sekitar beberapa kilometer. Keberadaan La Rambla ini tidak persis berada di pusat kota Barcelona tetapi transportasi termasuk Metro atau kereta api bawah tanah punya stasiun disini.
Disepanjang jalan La Rambla ini bisa menikmati keindahan dan keramaian ribuan pejalan kaki yang lalu lalang menikmati aneka koleksi souvenir dan hiburan. Diantara barang-barang yang dijual dipingir jalan ini tidak terbatas pada cindera mata, buku-buku dan pakaian, juga ada penjual bunga segar kaktus hidup bahkan binatang seperti burung piaraan dan kelinci juga di jual disini.
Di sepanjang jalan La rambla ini juga menyuguhkan berbagai macam atraksi yang menghibur para pengunjung. Mulai dari patung hidup, kelelawar raksasa, pelukis potret sampai pergelaran kebolehan seorang Messi pemain terkenal dari Club FC Barcelona. Tentu saja mereka ini bukan pemain betulan tetapi mereka menyontek cara memainkan bola dengan gaya akrobatik. Ini dilakukan dalam petak kecil di taman dimana orang-orang lalul lalang. Atraksi mereka untuk menarik perhatian pejalan kaki untuk mendapat sedikit rejeki.
Dipenghujung jalan La Rambla adalah Plaça de Catalunya merupakan taman yang layak dikunjungi. Tidak perlu jauh-jauh berjalan kaki untuk mendapatkan aneka barang mode atau cindera mata karena disepanjang jalan ini baik dari jalan utama atau gang-gangnya semua menyediakan produk khasnya masing-masing.
Masih diseputaran La Rambla jika ingin menikmati suasana pasar yang rapi dan bersih, jangan lewatkan Mercat de la Boqueria. Merupakan pasar makanan yang besar mulai dari buah-buahan sayur mayur, daging segar dan daging olahan serta makanan laut bulu babi juga dijual disini. Stan Restoran cepat saji dengan bahan-bahan segar juga ada.
Berkaitan dengan FC Barcelona yang merupakan kesebelasan kebanggaan kota Barcelona, maka di salah satu ruas La Rambla, masih di kompleks Plaza Catalonia, terdapat sebuah air mancur bernama Canaletes, di mana para suporter FC Barcelona biasanya datang merayakan kemenangan kesebelasan kesayangan mereka.
Kawasan belanja lainnya adalah Placa de Francesco Macia. Department store besar dengan barang-barang lokal dan mancanegara kelas satu. Banyak pula barang bermotif mozaik warna-warni khas Barcelona bias ditemukan di sini. Aslinya mozaik ini diciptakan dari pecahan botol, keramik, kaca, dan pecahan apapun yang menarik bila disatukan. Jenisnya pun beragam, mulai dari peralatan makan minum, perkakas rumah tangga, pajangan, aksesoris, dan lain-lain.
Selain itu juga ada Centre Comercial de les Glories, kompleks belanja seluas 250.000 m2. Dilengkapi beberapa pilihan kafe dan bar untuk mengistirahatkan kaki. Kawasan menarik lainnya adalah Barri Gotic yang memiliki pasar kerajinan. Buka setiap hari Kamis dan Jumat. Pasar antik lainnya yang bisa Anda kunjungi adalah Placa Nova yang buka setiap hari Kamis.
Barcelona sadar betul dengan potensi wisata belanjanya yang akan dimiinat oleh turis lokal maupun mancanegara. Pemerintah menyediakan bis khusus warna biru dengan tulisan Barcelona Shopping Line. Naik dari Placa de Catalunya dan akan dibawa ke berbagai pusat perbelanjaan. Mulai dari tempat-tempat perbelanjaan mewah sampai yang tradisional. Setiap tujuh menit, para wisatawan bias berubah pikiran untuk berpindah mengunjungi pusat perbelanjaan yang lain.

c. Museum Picasso
Museum ini terletak di Calle Montcada, kota Barcelona. Museum ini merupakan representasi Pablo Picasso yang lahir pada 25 Oktober 1881, di Malaga, salah satu kota di pantai Laut Mediterania, Spanyol.
Koleksi museum ini yang menonjol adalah karya-karya awal Picasso yang disebut sebagai periode blue, di mana lukisan-lukisannya didominasi warna biru dan merah jambu, seperti Mother and Child (1902) dan Woman at a Bar (1902) dan juga koleksi 1917 seperti Parade. Pablo Picasso meninggal dunia pada 8 April 1973.
Dikenal sebagai seniman revolusioner abad 20, Picasso telah melahirkan kurang lebih 20.000 karya seni, mulai dari patung, lukisan, grafis, keramik, kostum balet sampai tata panggung, dan memiliki kebiasaan untuk berganti-ganti gaya terutama dalam seni lukis. Kubisme yang merupakan penemuannya bersama sahabatnya Georges Braque, telah mengubah pandangan masyarakat tentang keindahan seni.
Dalam bentuk, lukisan-lukisan kubisme Picasso terpengaruh bentuk kesenian primitif seperti patung suku bangsa Liberia, ukiran timbul bangsa Mesir dan topeng-topeng suku Afrika. Lihat misalnya karya Picasso Guitar and Violin (1912-1913) yang menjadi koleksi Museum The Hermitage di kota Saint Petersburg, Rusia.
Sumbangan Picasso bagi dunia penciptaan seni juga tercermin dalam Museum Picasso di Barcelona ini yang dikunjungi rata-rata 3000 orang perhari, dengan harga tiket masuk 9 Euro per-orang.
Meski karya-karya Picasso yang terkenal juga tersebar pada berbagai museum penting dunia dan menjadi koleksi para pesohor seperti pada Museum Picasso di Paris yang mengoleksi Potrait of Dora Maar (1937) atau The Acrobat (1918) tetapi mengunjungi Barcelona, yang merupakan kota awal pertumbuhan seniman besar ini, dan memasuki museum yang menyimpan karya-karya awalnya sebagai seniman besar, setelah mengunjungi Plaza Catalonia, tentu sesuatu yang lebih mengesankan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar